bandung – poris (tangerang) 35.000 saja

poris. kemarin saya harus kesana, karena keperluan yang harus di lunasi.

cukup lama saya buka tutup google maps, google search dan tanya kanan kiri. jujur saja, perjalanan ini tidak pernah saya lakukan sebelumnya.

setelah merangkum informasi yang bisa saya ingat sebagai bekal agar tidak terlalu tersesat,

jam 05.30 pagi, di hari selasa 13 frebuari 2018 masehi, saya mulai mencicil perjalanan saya dengan berjalan kaki dari kh usman dhomiri (cimahi) ke rest area 125 (unjani). setelah perjalanan kaki di campur armada angkot cibeber, akhirnya jam 06.00 pagi, saya sampai di rest area 125 sekaligus tempat pemberhentian bis.

bus primajasa ekonomi bandung – bekasi (via purwakarta), saya pilih sebagai armada pengantar saya. Bukan karena bus terbaik, tapi bus itu adalah bus paling awal saya temui. biar cepet, tidak terlalu lama menunggu.

setelah turun di terminal bekasi, saya susuri jalan Ir. H. Juanda ke arah timur, kurang lebih 550 meter, akhirnya saya temui stasiun bekasi timur (commuter line).

fyi, perjalanan bekasi timur ke poris (tangerang) menggunakan commuterline tidak langsung sampai dengan satu rute kereta. harus di lakukan dua kali transit, pertama di stasiun manggarai dan stasiun duri, untuk mencapai stasiun poris.

commuterline stasiun bekasi timur – stasiun poris (tanggerang), saya gunakan untuk menunasi perjalanan saya, untuk capai stasiun poris (tanggerang). (tarif awalnya memang 15 ribu, saat saya bayar di loket stasiun bekasi timur, tapi jangan sedih, setelah tap-out, kartu tersebut bisa kita kembalikan ke loket stasiun poris dan kita dapat 10ribu. dari pengembalian kartu tersebut).

dengan asumsi, bus primajasa ekonomi (bandung-bekasi) 30.000 rupiah dan commuterline (stasiun bekasi timur – stasiun poris) 5000 rupiah.

bonus track :

kalau mau pakai strategi di atas, pada saat menggunakan bus primajasa ekonomi bandung – bekasi (via purwakarta), diharapkan bawa receh koin yang cukup banyak. karena ketika bus ngetem-ngetem, pengamen selalu naik turun. disitulah, koin-koin bermuara, kasih saja lah biar cepet. terlebih ketika masuk bekasi.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s