aku buah pohon kemarin

ketika orang lain belajar saat malam. aku merokok dan bermain gitar di rumah orang tua teman sma-ku. ini unik, temanku ini bukan perokok. tapi dia masih mau-maunya menampungku hampir setiap malam sampai larut malam.

temanku ini baik hati dan lakunya, dia pinjami aku kursi bambu, gitar, korek, air panas dan uang receh ketika uangku kurang saat ke warung untuk membeli rokok dan sampai sekarang dia tidak nagih. semoga dia iklas, biar aku di akhirat tidak melarat.

pernah suatu malam, aku di “semprot” tetangganya yang “katanya” terganggu dengan asap rokok-ku yang masuk ke rumahnya. kamu harus tau, dulu aku penggemar marlboro. yang pasti, aku bukan penyembah kapitalis, americana atau semacamnya. alasanku memilih marlboro adalah murah, dengan uang seribu, aku bisa mendapatkan marlboro 4 batang (circa 2004).

karena omelan tetangganya yang “terganggu” asap marlboro malam itu, berselang beberapa hari kemudian, ayah dari temanku membangun tembok bata pembatas. agar aku tidak kena omel dan supaya asap sialan ini jadi susah untuk mempir. baik ya mereka.

karena terlalu seringnya aku kesana, ibu dari teman sma-ku menawarkan bisnis yang manis. kalau aku bisa bujuk ibuku beli wardah di warungnya. aku dapat fee. kata ibu temanku, lumayan buat beli rokok.

sampai ketika UAN pun aku masih kesana, bergitar dan merokok. sampai lulus pun masih begitu. hingga terhenti ketika kami injak bangku kuliah. temanku ini sibuk sekali kuliah dan di tambah aktifitas kemahasiswaannya.

keluarga temanku memang baik. anaknya dengan sabar menemaniku yang tidak punya malu dan banyak mau, ayahnya membuatkan aku benteng bata, agar aku bisa terus merokok di rumahnya. ibunya menawarkan kerjasama biar aku bisa beli rokok.

jujur. kalau di ingat lagi saat ini. sungguh aku malu. sma saja sudah berani-berani merokok.

semoga Mereka banyak uang dan bahagia dunia ahirat. tolong ucapkan aamiin untuk mereka. terimakasih.

disekolah, aku juga mempunyai pekerjaan sampingan. ketika istirahat tiba, aku adalah tukang antar-antar makanan. bully? jongos? penjajahan? no-no-no. kabar baiknya aku tidak punya musuh, ini karena teman-temanku malas dan aku butuh rasa malas mereka, karena akan banyak uang yang mampir ke kantongku, untuk beli rokok ketika jam pulang sekolah.

ada hal menarik saat aku temui profesi ini, pertamanya aku di mintai tolong oleh teman sma wanitaku, dia cantik sekali. ya aku mau lah, cantik. dia berikan uang lebih, biar aku bisa sambil jajan juga.

trinngg! saat itulah roda ekonomiku perlahan tapi pasti berputar dengan liarnya.

time after time, sambil menyelam minum air, aku akhirnya raih pemasukan dan hatinya, tapi sayang. aku lihat, temanku lebih suka incaranku.

yaudahlahyah kasi dah!

karena ada teman sebangkunya, yang lebih cantik dan baik. jujur. dia punya hati yang malaikat ibu peri. dia tidak pernah tega menyuruhku untuk acara jajan-jajanya. duh, padahal kalau tega aja. mungkin aku bisa ajak dia nonton dan jalan-jalan dari hasil kerja sampingan-ku ini. biarin lah jatah beli rokok tersisih atau hilang sekalipun. aku mah rido. tapi kenyataannya tidak begitu, sejarah masih ingin lihat aku merokok waktu sma.

kamu harus tahu. aku pernah tanya ke dia, laki-laki yang kamu suka itu seperti apa. dia bilang, yang penting bisa baca alQuran dan bisa jadi imam aku.

boom!

bagai petir di siang hari, aku langsung mundur teratur. jujur aku takut dan sampai kini, aku masih tidak tahu tentang kenapa aku takut waktu itu. payah.

karena dia adalah barang juara lagi langka, tidak lama berselang, dia laku oleh teman sesekolahku.

sementara aku masih sibuk melucuti helai demi helai laba ekonomi yang lebih seksi.

yang jelas, profesi sampinganku ini, tidak serta-merta mulus jalannya, aku tahu nada sumbang itu pasti ada, tapi persetanlah dengan itu. omongan mereka tidak pernah laku aku tukar kewarung untuk membeli rokok. maka merdekalah aku.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s