Reset Factory

pendidikan sudah merampas 18 tahun miliku dan aku hampir lupa siapa diriku.

wajar?

aku jadi lebih percaya orang lain. kutipan orang lain. saran orang lain. pendapat orang lain. anjuran orang lain. dan persuasi-persuasi dari luar diriku.

lantas. apakah aku harus keluar masuk seminar untuk menemukan jati diriku dan merelakan beberapa tahun lagi untuk hal yang seharusnya aku gunakan untuk hal-hal yang lebih mendesak.

lalu aku ingat. tentang jargon “life begins at 40”. apakah harus begitu?

semua ilmu itu kini berdesakan terpenjara di otaku selama 18 tahun lamanya. tanpa bisa aku bebaskan mereka menjadi karya.

semua kembali. setelah aku tanggalkan beberapa pakaian pendidikan yang entah kapan aku bisa gunakan. meskipun kini hanya satu kaos dan celana di lemari pemikiranku. setidaknya. aku bisa pergunakan untuk di karyakan.

Leave a Reply

