Terimakasih sudah berkunjung

pagi itu, saya baru saja memulai pekerjaan seperti biasa. di depan komputer jinjing saya di meja ruang depan dengan keadaan pintu utama yang terbuka. maklum masih pagi. biar udaranya bisa keluar masuk rumah tanpa ketuk pintu dulu.

tepat didepan posisi saya duduk. terpampang beberapa jendela kaca yang bisa di buka kalau mau. kalau jendelanya tidak sedang ber-gorden, saya bisa memanfaatkannya untuk melihat keadaan pagar. untuk berjaga-jaga saja, kalau-kalau ada raisa ingin bertamu.

beruntungnya saya pagi itu. ada wanita yang terlihat dari gesturnya, dia akan bertamu. tapi bukan raisa.

sialan. dia terobos pagar tanpa permisi. ketika saya intip gerak-geriknya dari jendela kaca dan langkahnya kian dekati pintu utama yang terbuka.

kini wanita itu sudah ada di depan pintu. tanpa duduk, tanpa aba-aba dia langsung bercerita tentang produknya.

 

cara presentasinya terbata-bata dan minim intonasi.

rasa marah saya yang tadi membesar, kini hilang seketika dan kini saya tidak tega memotong presentasinya.

jujur.

saya bingung harus jawab apa, untuk menolaknya secara halus. saya tidak mau membuat dia kecewa. terlebih. karena saya pernah bekerja di ranah yang sama dengan apa yang wanita ini lakukan beberapa waktu yang lalu. dan saya tahu benar bagaimana rasanya mendapatkan penolakan.

“maaf teh, ibunya sedang tidak ada di rumah”, jawab saya.

anehnya, setelah dia dengar jawaban saya, dia langsung pamit dan pergi. tanpa perlawanan berarti. tidak seperti watak sales yang sudah-sudah.

“terimakasih telah datang, terimakasih telah menyadarkan saya dari tidur panjang. terimakasih”.

 

 

Leave a Reply

