time

aku jadi ingat. di masa sma. waktu dimana aku belum dipercayakan menggunakan motor sendiri untuk hubungkan aku ke sekolah. yang lebih dari 6 kilometer jaraknya.

bukan tanpa pilihan. jujur. pilihan moda transportasi waktu itu terlalu banyak. mulai dari yang cuma-cuma sampai pakai biaya. dari jalan kaki dulu sampai tinggal menunggu. maklum untuk menjangkau moda transportasi umum ( literary ), aku harus berjalan kaki kurang lebih 800 kali melanggkah.

tapi kabar baiknya. beberapa ratus meter dari rumahku ada komplek pemda. efek dominonya, rumahku selalu di lewati bis pemerintahan yang mengangkut pegawai negeri untuk menuju kantornya di gedung sate pada hari senin sampai jumat. bisnya pun beragam mulai dari bis kecil di sampai bis besar.

aku ceritakan jam kerja kedua bis tadi. bis kecil selalu lebih awal keberangkatannya. di 5.30 wib dan selang 30 menit kemudian, bis besar pun melaju.

terlebih ayahku adalah pegawai negeri. yah, persiapan saja bila di tanya oleh kondekturnya. tapi itu tidak pernah terjadi.

awal aku tahu fasilitas ini, aku selalu ambil keberangkatan dengan bis kecil. karena aku tahu aku, betapa mengerikannya kesiangan pada waktu itu. tidak lama kemudian aku berubah pendirian ke bis besar. apa lagi kalau bukan selalu ketinggalan keberangkatan si bis kecil. sampai akhirnya aku ketinggalan kedua-duanya. dan kembali melangkah 800 kali untuk naiki moda transportasi.

temanku sering mengingatkan aku tentang kisah ini. selalu menceritakan kisah ini ketika kita bertemu. dia adalah saksi hidup kisahku waktu itu. aku sempat muak di buatnya. karena dia selalu ceritakan kisah yang sama. terlebih itu aibku sendiri.

dan hari ini aku tulis rasa terimakasihku untuknya. karena baru belakangan ini aku mengerti artinya.

terimakasih.

 

 

 

 

Leave a Reply

