cigarillos

cerita berawal dari satu siang di sayap dago bilangan raden patah bandung. mataku tertuju ke satu gerobak kopi dorong. aku hentikan laju motorku tepat di depannya. aku rogoh kocekku. sampai perhatianku tertuju pada bungkus tipis di etalase kaca gerobak. bungkus nya menarik. unik tapi sangat akrab di ingatanku. mufakat. aku pesan satu batang cigarillos ke si bapak pedagang. dan transaksi pun selesai.

aku lanjutkan perjalananku. karena siang itu aku ada janji bertemu perihal usaha di area dipatiukur.

aku parkirkan motorku di bawah pohon pinggir jalan. sambil menunggu rekananku yang telah berjanji akan bertemu di jalan ini. sambil menunggu. aku nyalakan tembakau ini. dengan hasil usaha pinjam korek tentunya. mental perokok artifisial.

di hisapan pertama. rasanya hampir sama ketika aku mencoba pertama kali ketika sma. ini enak sekali. sampai aku lupa bahwa aku habiskan tembakau ini hampir 30 menit.

sampai akhirnya aku bertemu dengan rekananku. bernegosiasi dan transaksi pun terjadi dan di sudahi.

dan ketika malam. rasa ingin tembakau ini kambuh lagi. aku ingat. aku pernah membeli eceran tembakau ini di salah satu kios dorong di kotaku. bahagianya. dia masih menjual tembakau ini dengan posri eceran tentunya. mental perokok artifisial. lagi.

dan beberapa hari selanjutnya. aku ingin lagi tembakau ini. kali ini penjual yang mengecer tembakau ini sangat susah di temui. bila ada mereka menawarkan dengan harga sekotak.

akhirnya aku tuju salah satu warung dekat pasar tradisional di kotaku. jawabannya hampir sama seperti perkataan penjual rokok eceran. mereka hanya jual sekotak. tidak jual secara ecer. apa boleh buat. aku beli saja. karena terlalu ingin.

dan begitu seterusnya. sampai aku di beri tahu ada satu toko kelontong yang pemiliknya seorang warga keturunan yang menjual tembakau ini.  si pemilik sekaligus memperkenalkan kepadaku pada deretan cerutu lokal lain yang harus aku coba. sangat menyenangkan.

terimakasih kepada penjual rokok keliling  yang merekomendasikan tempat itu untuk aku datangi. semoga anda selalu ada dalam kemudahan Semesta. sama seperti aku yang sudah terbantu.

 

 

Leave a Reply

