hikmah

malam ini, aku mendapat cerita pilu. yang lagi-lagi berhubungan dengan bekerja di ranah online.

bagiku. bisnis online adalah cerita lama. fatamorgana yang fana. itu kesimpulanku. pasalnya. mereka hanya memberikan angan-angan. seperti tikus yang berlari di dalam roda berputar mengejar keju yang hanya beberapa inci didepannya.

di 2014. aku pernah bekerja menjadi pekerja seni lepas di salah satu web penyedia jasa kreatif. jujur. kala itu. aku tergiur dengan hadiah dan pemasukan besar yang bisa aku dapat hanya dalam sehari atau beberapa jam saja.

kala itu. semua berjalan baik-baik saja. aku masih tekun mengejar ambisiku. Meskipun beberapa kali Semesta memperlihatkanku akan kejanggalan pola kerja yang tidak beres.

sampai akhirnya. Semesta membawaku ke satu situasi kompetisi yang benar-benar membuatku mengerti bahwa aku hanya mengejar fatamorgana.

dengan kata lain. aku hanya menjadi tim penggembira. pelengkap euforia fana.

dan di malam ini. di 2016. fenomena itu muncul lagi dan menjangkiti orang-orang terdekatku. jujur aku pilu. mereka sama sepertiku dulu. marah. geram. kesal. serba menyalahkan pihak luar.

tapi. aku percaya selalu ada hikmah yang menyertai setiap peristiwa.

hikmah yang aku dapat dari pengalaman ini adalah. ibarat koin yang mempunyai dua sisi. ketika aku merasa di pecundangi. di sisi lain aku menjadi punya banyak sudut pandang dan jam terbang. yang kesemua itu menjadi bekal ilmu yang memudahkan aku di masa kini.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

