roll with it

aku berhenti merokok. ini bukan prestasi karena tidak semua orang adalah perokok. yang jelas aktifitas merokok bagiku sudah membosankan. yang aku rasakan sejauh ini kenapa aku merokok adalah faktor branding myself to other. fake.

aku bisa merokok lebih banyak karena aku harus bertemu kolega, kerabat, saudara yang mereka adalah perokok. seperti aktualisasi diri kepada lingkungan yang sama. alih-alih ingin mendapatkan respon positif, aku kini jadi terjebak dalam paradigma yang aku buat sendiri. yaitu merokok adalah keseharian dan keharusan.

sedih memang, ketika aku tahu bahwa yang mereka cari dari diri kita bukan hanya kesamaan selera (perokok) untuk dapat simpati atau aktualisasi diri, tapi cara pandang kita akan kehidupan, kepribadian dan kemandirian. dan itu tidak ada kaitannya dengan ritual bakar-bakar tembakau.

aku pernah ada di satu situasi, dimana temanku berkunjung ke rumah. ketika itu aku tidak pegang tembakau karena saldoku limit di titik nadir, aku seperti mempunyai keharusan untuk menyediakan tembakau ketika berdiskusi. padahal aku tahu, aku tidak punya dana untuk itu.

atau ketika aku putus nikotin, temanku datang tanpa diundang. mengajaku berdiskusi dan menyodorkanku rokok. jujur, aku bingung untuk menolaknya.

tapi disitulah kita bisa tahu, siapa teman kita yang sebenarnya. ketika kita menolak tawaran mereka. karena kita sudah tidak merokok lagi.

kabar baiknya, ketika kita bisa melakukan hal positif dan teman kita terinspirasi akan hal yang sama. itu akan menjadi suatu kebanggan, karena bisa membantu sesama. dan bila mereka merasa tidak di hargai karena tawaran mereka tidak kita ambil. itu urusan mereka. pintu keluar tetap terbuka lebar, begitu juga pintu masuk untuk teman baru yang datang karena mereka memiliki kesamaan dengan apa yang kita lakukan. selamat datang.

 

Leave a Reply

