ranting dan dahan

sempurna sudah malam ini, jangan campurkan ranting dan daunya sayang, mereka kini sudah harus tentukan sendiri takdirnya. nyalakan apinya, medium saja. aku tidak mau malam ini jadi terlalu cepat. pelan saja, jangan di lawan.

lihatlah rembulan malas itu, yang berselimut awan bulu angsa. apa kau kedinginan disana?

biarlah bila malam ini turun hujan, biar kita bisa saling bercerita sampai pagi di dalam tenda. kamu suka lagu apa sekarang? biar aku nyanyikan sebisaku semampuku. tapi tolong jangan tertawa, bila aku lupa lirik atau kuncinya. karena aku sengaja supaya manusiawi.

kita bisa lebih lama jadi tuna wisma sekarang, aku libur sampai januari. semoga kamu tidak bosan untuk mengingatkan aku mandi. dan semoga kamu tidak bosan untuk aku ingatkan, jangan pernah ingatkan aku untuk mandi.

lihat mereka, dua pasangan lanjut usia yang tidak pernah bosan untuk jadi tuna wisma belantara. semoga tidak lama lagi mereka datang kemari, mengunjungi tetangga barunya sambil membawa hantaran untuk sekedar bertukar cerita sesama manusia yang selalu ingin tersesat di rumah alam.

terimakasih kopinya sayang, tapi kenapa kamu masih saja bahagia ketika aku minum kopi buatanmu yang tidak kamu aduk terlebih dahulu? dan kamu selalu tertawa ketika air kopi ini telah melewati kerongkonganku. apa kamu masih dendam akan perbuatanku dulu?

semoga ketika dua tetangga baru kita yang lanjut usia itu benar-benar datang kemari, aku harap kamu tidak mengaplikasikan budaya balas dendam “minum kopi tanpa di aduk” kita kepada mereka. bukan apa-apa, aku takut mereka jadi terlalu tua untuk berlaku bodoh kepada teman-teman sebayanya, disela sela waktu yang harusnya mereka gunakan untuk berdarma, sebagai bekal saat bertemu Sang Alam.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s