romantika kumis kucing

“mau kemana, tong? “

“mau cari kerja, cing”

“cari kerja? ngapain? cari duit sonoh!”

” . . . . . . . . . . . . ” 

orang tua mah simple, baik attitude dan lifestyle-nya. mereka memang tidak terlalu betah duduk di bangku sekolah. tapi kalo soal nyeletuk mereka selalu simple, straight true dan to the point. right. ok case close!

berarti yang bikin pola pikir jadi ribet itu adalah sekolah? jawablah sendiri.

dan ada yang bilang “sekolah dulu baru kerja atau kerja dulu baru sekolah?“. teruuuss cari duitnya kapan, mas??

ada lagi udel bodong yang ngomong “kalo udah kerja mah, ilmu yang kita punya ngga kepake en kita harus belajar lagi dari perusahaan”. nah loh! terruuuss, 16 tahun keluar masuk sekolah itu buat apa?

terlebih perusahaan yang BUMN lagi Mentereng, pengennya si pelamar IPK nya harus gede, bisa komputer, bahasa inggris, bisa salto, lompat kodok, menari, menyanyi dan dancing salsa, zumba dan rupawan!

negara yang punya PNS juga nggak jauh beda, yang pengen ini pengen itu, bisa ini bisa itu. loncat kesini loncat kesitu, masup jurang deh!

Teruuuss, pelamar yang standarisasi nya nggak nyampe buat menuhin kriteria BUMN & PNS, yang pengennya ini itu. mau di bawa kemana hubungan kita?

oh, mereka harus jadi pengusaha. enterpreneur atau monkey business. yang kalo udah “mengharumkan” nama bangsa di mata dunia. tuan-tuan pemerintah jadi caper dan SKSD (sok kenal sok dekat). modus kawan lama, ngajak sarapan bareng, ngasih unjuk ke media, bahwa kita punya tunas bangsa yang membanggakan. tunggu, punya?

belum lagi, kalo isi hati mau ngoceh harus pilih-pilih bahasa, kalo ngga mau dipidana. yah pak, hati mah jujur. kalo item ya item, kalo putih ya putih. nggak bisa jadi abu-abu.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s